Minggu, 29 Maret 2015

Cara Merawat Batu Akik yang Baik dan Benar

Cara Merawat Batu Akik yang Baik dan Benar
 Akhir-akhir ini, batu akik menjadi salah satu komoditi usaha yang cukup menjanjikan. Selain karena menjamurnya para kolektor batu permata akik diberbagai daerah, peran para penambang dan penjual pun membuat semakin banyak orang yg penasaran akan keindahan batu-batu tersebut. Bahkan, ada beberapa kepala daerah yang ingin menyelenggarakan festival khusus batu akik. Namun, ngga semua orang mengerti tentang batu akik, terlebih mengenai cara perawatannya. Lalu, bagaiaman sebenarnya cara merawat batu akik yg baik serta benar? Berikut ulasannya.



Cara Merawat Batu Akik yg Baik & Benar

Sebenarnya, cara merawat batu akik adalah sesuatu yang mudah. Yang perlu dilakukan merupakan menghindari beberapa hal yang mungkin bisa membuat batu menjadi retak, berubah warna ataupun pecah dan hilang keindahannya.

1. Hindari dari Sinar Matahari
Sebagian jenis batu akik benar-benar anti dgn panas. Bahkan, bila batu akik itu terkena panas dalam waktu yang lama, maka yang terjadi ialah kerusakan fatal seperti retak dan memudarnya warna. Oleh lantaran itu, jika Anda kepingin mengeringkan batu akik setelah mencucinya, gunakanlah handuk kering serta jangan dijemur.

2. Hindari Mecuci Dengan Air Panas
Seperti poin pertama, air panas jg salah satu faktor yg dapat membuat batu akik cepat rusak. Walaupun ada sebagian batu yang dapat dicuci dengan air hangat (bukan panas), namun alangkah lebih baik untuk tetap menggunakan air bersuhu normal. Apalagi bila Anda tidak mengetahui jenis-jenis mana yg tahan terhadap suhu panas.
http://www.bedroomdesignideass.com/decorations/bedroom-decorating-ideas-pinterest/
3. Mencuci Dengan Air Sabun
Agar batu akik tetap mengkilat serta warnanya tidak mudah pudar, Lw harus rajin untuk mebersihkannya. Salah satunya adalah dgn mencuci menggunakan sabun, setelah itu mengeringkannya menggunakan handuk kering secara merata. Namun yg perlu diperhatikan, Lw tidak boleh menggunakan bahan sabun berupa pemutih yang pada umumnya dapat memunculkan panas.

4. Gunakan Alumunium Foil
Sebagian ahli dlm batu akik melarang membersihkan & merawat batu akik menggunakan air. Namun jangan khawatir, lantaran Sampean dapat menggunakan alumunium foil sebagai alat pembersih yang sangat efektif. Alumunium foil sendiri bisa ditemukan dibungkus-bungkus rokok.

5. Handuk & Sikat
Gunakanlah handuk yg lembut agar gak melukai & membuat permukaan batu menjadi cacat. Selain itu, jika Nte mengalami kesulitan dalam membersihkan sela-sela batu akik, Lw bisa menggunakan sikat ataupun kipas pengering.

6. Hindari dari Debu
Biasanya, batu akik menjadi kusam & terasa kasar bila sering terkena debu. Oleh karena itu, hindari tempat-tempat berdebu sebagai penyimpanan. Atau Anda pun bisa menggunakan kain utk membungkus batu akik, baik tersebut sudah diikat atau belum.

7. Gunakan Bahan dari Kulit
Menggunakan bahan dari kulit untuk membersihkan batu akik dpt membuat batu tampak lebih cemerlang. Bahkan, dlm keadaan tertentu batu akik dpt berubah warna menjadi warna aslinya.

Baca juga cara mengkilapkan batu akik

Kesimpulan
Setelah mengetahui cara merawat batu akik yg baik & benar, tentunya Lw harus mempraktekkannya agar tahu bagaimana hasil yg didapat. Selain itu, sebagai seorang pecinta batu akik atau gemslover, sudah sepantasnya utk menjaga setiap koleksi. Apalagi bila Engkau menginkan batu akik itu memiliki biaya yang jauh lebih mahal dari sebelumnya.
Manfaat Buah Buahan Bagi Kesehatan dan Kecantikan Bedroom Decorating Ideas Pinterest

Tidak ada komentar:

Posting Komentar