Senin, 30 Maret 2015

Tips Menghindari Begal di Jalan Raya

Tips Menghindari Begal di Jalan Raya


Begal merupakan kejahatan yg dilakukan di jalan. Atau dgn kata lain perampasan yang disertai dgn kekerasan untuk merebut kendaraan milik org lain di jalan. Para pelaku pun ngga segan-segan utk melukai bahkan membunuh jika korbannya mencoba melawan.

Sebenarnya cerita begal bukanlah perkara baru. Pasalnya cerita tentang begal telah lama terjadi dan tak melulu hanya terjadi di wilayah Jabodetabek saja. Namun meluas di sebagian wilayah di Pulau Jawa & juga Sumatera, bahkan bisa jadi menyebar di wilayah lainnya di Indonesia. 


Ilustrasi Gambar Begal Lagi Ngerampok Motor
Sumber gambar

Dewasa ini, begal kembali menguak ke permukaan yang membuat banyak pihak semakin meningkatkan kewaspadaannya. Modus perampasan komplotan begal masa kini semakin ganas. Pasalnya, dalam melakukan aksinya, para pembegal ngga lagi mengancam korbannya terlebih dulu, namun tanpa peringatan lagi, para pembegal langsung melukai korbannya, bahkan sampai tega membunuh korbannya. Lalu merampas kendaraan si korban & membawa kabur.

Waspada ketika berkendara di jalan raya pada malam hari, tentu menjadi hal yg paling penting serta paling utama saat ini. Namun bukan berarti kami tak dapat menghindari keganasan begal yg tidak berperikehewanan tersebut. http://modernlivingroom.org/furniture/modern-living-room-sets/

Berikut ialah tips sederhana bagaimana menghindari tindakan para komplotan begal di jalan raya :

1. Jangan lupa selalu berdoa ketika akan keluar rumah

Mungkin hal ini kelihatannya sepele, tetapi jangan sekali-kali Lw meremehkan kekuatan sebuah doa. Kita memohon perlindungan untuk dijauhkan serta dihindarkan dari kejahatan syaithon serta jg manusia kepada Sang Pemilik Alam Semesta. Kalau kita sudah dalam perlindunganNya, maka siapa lagi yang bisa mengganggu kita.

2. Tetap waspada selama berkendara di jalan raya

Setelah berdoa, tentunya Anda harus tetap menjaga serta meningkatkan kewaspadaan saat berkendara di jalan raya, terutama pada malam hari ketika Engkau melintas di jalan yang sepi. Menurut sumber dari salah satu forum komunitas terbesar, para pembegal mengincar calon korbannya yg terlihat mengantuk atau loyo, berkendara kurang semangat, berkendara tidak konsentrasi, berkendara seperti kurang waspada serta berkendara secara konstan dgn kecepatan yang pelan.

3. Berkendara dgn sigap

Selain waspada, Lw pun dituntut untuk berbadan sigap, tegap & lebih gesit saat berkendara. Dlm artian, berkendaralah dgn penuh wibawa, jangan keliatan loyo atau terlihat kurang semangat serta atur kecepatan yg tak terlalu pelan & jg tdk terlalu ngebut. Usahakan utk pandai bermanuver saat berkendara. Hal ini menyebabkan para pembegal enggan untuk mengincar calon korbannya yg `pandai` bermanuver.

4. Usahakan utk konvoi dengan para pengendara lainnya

Ketika berkendara pada malam hari, usahakan jangan terpisah sendirian. Hal ini diibaratkan seperti seekor domba yg terlepas keluar dari kawanan domba lainnya, sehingga memudahkan untuk diterkam oleh mangsa yang setiap ketika selalu mengintai.

Cobalah utk berusaha berkendara berbarengan dengan pengendara motor lainnya, jadi Nte terlihat seperti sedang berkonvoi bersama-sama.

Berbicara mengenai masalah konvoi, Nte pun dpt mem-follow akun Twitter @pulangkonvoi untuk mencari teman konvoi saat Sampean pulang & berkendara pada malam hari. Cobalah.

5. Rajin memberi kabar

Komunikasikan selalu dmn posisi Lw berada dengan keluarga, teman, sahabat, tetangga dan orang-orang terdekat. Setidaknya mereka akan selalu mengetahui posisi akurat Anda. Sering-seringlah memberi kabar atau update status posisi Lw jika memungkinkan. Ingat ya, bila memungkinkan!!.

6. Berhenti di tempat ramai

Ketika Anda merasa diikuti oleh beberapa pengendara motor, segeralah mencari tempat aman utk berhenti. Namun satu hal penting yg perlu Sampean perhatikan, jangan sembarang berhenti di tempat kerumunan orang yg ngga jelas, mungkin bisa jadi mereka jg ialah komplotan para begal. Waspada boleh dong.

Ada baiknya Anda berhenti di tempat yang terpercaya, seperti Pombensin 24 jam, minimarket 24 jam maupun pos atau kantor polisi. Tapi pos polisinya yang ada polisi jaganya ya, kalau kosong, ya sama jg bohong guys! Berhentilah hingga dirasa situasi aman terkendali.

7. Membunyikan klakson berulang-ulang

Banyak yg menganjurkan untuk membunyikan klakson berulang-ulang ketika Lw dipepet oleh pengendara lainnya. Tujuannya ialah utk mencari perhatian dari masyarakat sekitarnya.

8. Pacu kendaraan dengan kecepatan tinggi

Cara yang satu ini terbilang sangat ekstrim guys. Ketika Anda merasa diikuti oleh beberapa pengendara motor, paculah motor Sampean dgn kecepatan tinggi. Dengan catatan, Nte memang mahir mengendarainya dan motor Nte memang bisa dibawa ngebut. Mungkin motor dengan ber-CC besar lebih cocok untuk ngebut.

Hal ini jg patut Anda coba saat melintasi jalur yang sangat sepi, paculah kendaraan sampai ketemu lagi dgn jalan yg ramai. Namun tetap hati-hati. Hal ini guna menghindari hal-hal yang ngga diinginkan selama melintas jalur yg sangat sepi.

Anda berani mencobanya??

9. Upayakan utk tidak keluar hunian sendirian

Bila memang terpaksa mesti keluar pada malam hari, usahakan mengajak teman, saudara, kerabat atau siapapun yg dpt Kamu ajak untuk menemani selama dlm perjalanan. Mantan juga boleh. Kalau memang tak ada yg dapat Lw ajak utk menemani, ya lebih baik gak usah keluar rumah.

10. Tampil sederhana

Tampillah dengan sederhana saat Sampean berkendara. Jangan memakai perhiasan dan aksesoris yg mencolok yg dpt memancing para komplotan begal. Kenakan sepatu atau sandal yg butut namun masih layak pakai, kenakan celana serta jaket motor seadanya, jangan keliatan yang mewah serta mahal. Intinya Anda tampil se-GEMBEL & se-KERE mungkin.

Para pembegal pun enggan untuk mengincar calon korbannya yang keliatannya cukup mengenaskan, bahkan lebih mengenaskan ketimbang para pembegal itu sendiri. Kalau memang masih kena begal juga, berarti nasib Nte belum beruntung.

11. Motor tampil sederhana

Mungkin lebih tepatnya membuat tampilan motor terlihat sesederhana mungkin, layaknya motor butut yang murahan. Bagaimana caranya?? Tanyakan saja pada modifikator motor yang handal dalam hal ini. Atau sedikit lakukan modif motor di sana sini, agar gak terlalu orisinil, konon katanya begal suka dgn motor yg tampil orisinil, lantaran nilai jualnya tinggi.

Para pembegal biasanya enggan untuk mengincar calon korbannya yg mengendarai motor butut, karna menilai motornya tidak akan laku dijual atau memiliki nilai jual yang sangat rendah. Tapi hati-hati ketika melintas di depan polisi, bisa-bisa motor Kamu malah jadi bermasalah di hadapan pak polisi, mengingat motor Engkau gak sesuai dgn standard pabrikan.

12. Pasang kaca spion dengan lengkap

Dengan memasang kaca spion yg lengkap, tentu akan memudahkan Anda dlm mengawasi situasi yang ada di belakang Anda. Waspadalah dgn cara sering melihat kaca spion, siapa tau saja ada yg mengikuti Nte dari belakang.

13. Kuasai medan jalan

Dengan menguasai & hafal trek jalanan yg biasa Anda lalui setiap hari, tentu akn memudahkan Anda saat menghindar dari kejaran para pembegal yg mengikuti Anda. Hindari jalanan yang terlalu sepi serta carilah jalan alternatif lainnya yang sekiranya lebih ramai atau dirasa aman utk Lw lalui.

14. Jangan keluar pada malam hari

Mungkin anjuran ini memang terbilang manjur. Namun bagaimana halnya bagi Engkau yg memang mesti beraktivitas pada malam hari??. Ikuti saja poin nomor satu sampai nomor tiga belas. Kalau memang dirasa tdk ada urusan yg penting pada malam hari, sebaiknya hindari utk keluyuran pada waktu tersebut.

15. Pasang alat GPS di kendaraan Anda

Langkah ini tentu saja akan membutuhkan harga yg (mungkin) tak sedikit. Namun berguna ketika kendaraan Anda digondol atau dirampas oleh pembegal & sejenisnya. Teknologi GPS akn membantu memudahkan Kamu utk menemukan dmn posisi tepat kendaraan Lw berada.

16. Hati-hati banyak modus di jalan

Waspada & hati-hati terhadap seseorang yang menanyakan alamat di jalan atau pura-pura kecelakaan serta lain sebagainya. Tak ada salahnya kan kalau Engkau selalu waspada, bukannya kami tdk ingin nolongin, sekarang banyak org yg menipu dan menghalalkan segala jenis cara demi UANG.

Modus-modus di jalan :

- Anak kecil menangis dan minta dianterin ke suatu alamat.
- Ada cewek yang pura-pura bingung cari alamat.
- Orang yg pura-pura kecelakaan tergeletak di tengah jalan & terdapat batang kayu atau pohon melintangi jalan, sebaiknya Anda mencari jalan lain untuk memutar. Lebih baik jalan lebih jauh daripada kenapa-kenapa.
- Jeratan benang `setan` di jalan yang gelap & sepi.

Semoga ke-16 tips diatas bisa berguna bagi Nte yg berkendara pada waktu malam hari atau saat jalanan sepi. Begal dan sejenisnya ngga cuma mencari korban pengendara motor, namun mereka jg membagi tugas utk membegal kendaraan roda empat alias mobil. Namun mayoritas korbannya hingga saat ini paling banyak adalah pengendara motor.

Semoga bermanfaat...

Manfaat Ampas Kopi Bagi Kesehatan Modern Living Room Sets

Tidak ada komentar:

Posting Komentar