Minggu, 05 April 2015

Cara Merawat 4 Bagian Sensitif Bayi

Cara Merawat 4 Bagian Sensitif Bayi


Bayi yg baru lahir mesti memperoleh perawatan ekstra & Lw perlu berhati-hati dalam membersihkan area-area sensitifnya. Jika tdk dirawat dgn tepat, bagian sensitif bayi kemungkinan dpt terinfeksi atau timbul masalah lain.

Seperti dilansir whattoexpect, Senin (1/10/2012), berikut 4 bagian sensitif bayi serta cara merawatnya:

1. Penis
Jika anak Nte disunat, jaga agar sayatan tetap bersih dgn mengoleskan petroleum jelly yg diresepkan dokter setiap mengganti popok agar penis tdk bergesekan dengan popok. Setelah sayatan mengering, tetap jaga kebersihan dgn mencucinya dgn sabun dan air pada waktu mandi.

Tidak ada perawatan khusus yang diperlukan untuk penis yang telah disunat. Jika penis tdk disunat, Anda perlu menarik kembali kulup utk membersihkan area di bawahnya. http://modernlivingroom.org/color/living-room-color-combinations/

2. Tali pusat
Mandikan bayi dgn menggunakan spons hingga tali pusat bayi yang baru lahir mengering serta jagalah agar tali pusat itu tetap bersih & kering. Tekuk ujung popok ke bawah agar tdk mengenai tali pusat, selain itu kenakan baju yg lebih longgar agar tdk menekan tali pusat yg belom kering.

Perhatikan bila muncul tanda-tanda infeksi tali pusat seperti bernanah atau kulit merah di dasar pusar & secepatnya periksakan kondisi bayi ke dokter lantaran hal ini akn terasa sangat menyakitkan bagi bayi.

3. Telinga
Lubang kecil di telinga harus dilindungi dari semua hal yg dapat masuk ke telinga. Ketika memandikan bayi, cegah agar air tidak masuk ke telinganya serta bersihkan telinga bagian luarnya saja. Jangan pernah memasukkan jari, kapas, atau apa pun ke dlm telinga bayi serta bersihkan dengan hati-hati serta tidak terlalu dalam.

4. Hidung
Sama seperti telinga, cukup sekalah lendir yg menetes dari hidung bayi serta jangan membersihkan bagian dlm hidung bayi dgn tangan atau kapas. Jika bayi mengalami hidung tersumbat, gunakan aspirator hidung untuk membersihkan hidungnya.

Caranya adalah dgn menyelupkan aspirator ke dalam larutan garam serta memeras ujung bola aspirator, dan masukkan ke dlm lubang hidung. Tarik aspirator kembali dan bersihkan aspirator dengan tisu. Tapi jangan menyedot terlalu sering karna dpt menyebabkan membran hidung sensitif & timbul pendarahan atau pembengkakan.

Hamil ke-1 Kembar Biasa, Hamil ke-2 Kembar Tak Biasa, Hamil ke-3 Kembar Luar Biasa Living Room Color Combinations

Tidak ada komentar:

Posting Komentar